Seperti telah disebutkan sebelumnya, di dalam jurusan manajemen, pada kebanyakan universitas, ada empat peminatan atau konsentrasi yang dipisahkan berdasarkan fungsi bisnis, yaitu:

Sumber Daya Manusia (MSDM)
MSDM adalah manajemen yang merancang, mengorganize, memimpin dan mengontrol segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia didalam perusahaan, misalkan pemberian insentfi, gaji, liburan, pelatihan, dsb. Agar dapat menciptakan Manusia manusia yang dapat perform didalam perusahaan

Operasi (MO)
MO adalah manajemen yang mengatur segala sesuatu tentang bagaimana operasi sebuah perusahaan bekerja, misal mengatur bagaimana perusahaan mendapatkan bahan baku kemudian diolah melalui proses sehingga menjadi barang jadi dan kemuadia dapat di gunakan oleh konsumen

Pemasaran (MP)
MP merupakan ujung tombak dari perusahaan, karena fungsi marketing adalah merancang strategi strategi pemasaran agar produk ataupun jasa perusahaan dapat mendapatkan tempat di hati dan pikiran konsumen melalui cara cara yang kreatif dan innovatif

Keuangan (MK)
MK adalah fungsi dalam perusahaan yang mengatur segala sesuatu tentang bagaimana perusahaan mendapatkan modal untuk melakukan operasi dan bagaimana perusahaan berinvestasi dengan harta yang dimilikinya agar semakin meningkatkan nilai dari sebuah perusahaan

Selain dari ke empat konsentrasi tersebut, jurusan manajemen juga memelajari dasar-dasar akuntansi, dasar-dasar ekonomi mikro maupun makro, manajemen risiko, manajemen strategi, perilaku organisasi, dan berbagai macam ilmu lainnya yang menunjang perusahaan untuk  mencapai tujuannya
Buat kamu yang tertarik dengan dunia bisnis, kamu sangat direkomendasikan menjadi mahasiswa di jurusan manajemen karena kamu akan belajar bagaimana proses bisnis dari nol hingga menjadi bisnis yang efektif dan efisien. Di sini kamu bisa berbicara tentang bisnis kapan pun dan dimana pun, karena lingkungannya yang sangat mendukung.

Setelah menjadi sarjana manajemen kamu dapat memiliki berbagai jenis pekerjaan, seperti profesional yang dapat menjadi perusahaan-perusahaan go international, menjadi pengusaha yang mengerti bagaimana seharusnya bisnis berjalan, akademisi yang dapat terus mengembangkan ilmu manajemen, dan masih banyak lagi.